Design Science in Information Systems Research

Introduction
Hal yang menjadi tujuan di aktifitas Sistem informasi tertuju pada beberapa hal seperti strategi bisnis, strategi IT, Infrastruktur Organisasai dan Infrastruktur Sistem informasi yang saling berpadu dalam mencapai tujuan tertentu.

A Framework for IS Research
Semua hal terkait pada Sistem informasi perlu adanya kesinergian antara setiap fungsionalitas yang ada mosalnya antara strategi bisnis dan teknologi informasi dan antara organisasi dan informasi infrastruktur sistem (Henderson dan Venkatraman 1993).

Seperti yang di jelaskan oleh gambar 1 di bawah :

1

Gambar 1. Organizational Design and IS Design Activity

Selain itu juga penjelasan mengenai cara kerja yang konseptual untuk memahami, melaksanakan dan mengeevaluasi penelitian dengan menggabungkan prilaku ilmu pengetahun dan desain ilmu paraggdima.

Seperti yang dijelaskan di gambar 2 di bawah ini :

2

 

Gambar 2 : Riset Sistem Informasi Framework

Guidelines for Design Science in Information Systems Research

Berikut adalah penjelasan setiap Guideline yang ada pada gambar 3 :

3

 

Gambar 3 .  Design Science Research Guideline

Guideline 1: Design as an Artifact
Dalam hal ini melakukan design terhadap suatu masalah yang bertujuan menciptakan masalah-masalah yang ada pada sebuat organisasi yang terdiri dari berbagai lapisan elemen. Hal ini harus dijelaskan secara efektif, memungkinkan pelaksanaan dan aplikasi dalam domain yang sesuai.

Guideline 2: Problem Relevance
Adapun tujuan dalam penelitian Sistem informasi bagian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dan informasi terkait problem yang sudah didapatkan sebelumnya. BErlandaskan dengan implementasi memanfaatkan teknologi sehingga akan lebih mudah dalam mencari solusi atas masalah yang ada. Dalam hal ini juga mengembangkan solusi dengan berbasis teknologi yang relevan, artinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk mancapai tujuan bisnis.

Guideline 3 : Design Evaluation
Pada fase ini bertujuan dalam merancang dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan demi menciptakan kegunaan, kualitas dan efektifitas melalui design artefak yang harus dibuktikan juga dengan metode-metode evaluasi ang dilaksanakan dengan baik.

Guideline 4 : Research Contributions
Penelitian harus dilakukan ddengan efektif dan efisien dengan harus memberikan konstribusi yang jelas terhadap permasahalan bisnis. Selain itu untuk membuktikan penelitian harus dilakukan design dengan metodologi.

Guideline 5: Research Rigor
Rigor membahas berbagai cara bagaimana penelitian dilakukan sebaiknya. Hal ini juga di dukung dengan penerapan metode yang ketat dan evaluasi yang terancang dengan baik.

Guideline 6: Design as a Search Process
Strategi pencarian heuristik menghasilkan sesuatu yang layak, desain yang baik yang dapat diimplementasikan dalam bisnis lingkungan Hidup. Simon (1996) menggambarkan sifat dari proses desain sebagai Hasilkan / Uji Siklus. sehingga proses pencarian yang efektif perlu diadakannya pemanfaatan sarana yang ada untuk mencapai tujuan bisnis.

Guideline 7: Communication of Research
Penelitian yang dilakukan harus dilkaukan dan disajikan dengan baik baik dari segi orientasi teknologi dan orietnasi manajemen. Dengan begitu diharapkan adanya sinergi antara 2 orientasi berikut untuk bisa saling bekerja sama. [END]

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: